cover
Contact Name
Sri Rahayu
Contact Email
srirahayuatirfiyah@gmail.com
Phone
+6285379034482
Journal Mail Official
srirahayuatirfiyah@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tentara Pelajar Mudal Boyolali 57351
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Kebidanan
Core Subject : Science,
ABSTRAK Latar Belakang : Involusi uterus adalah suatu proses dimana uterus kembali ke kondisi sebelum hamil. Proses ini dimulai segera plasenta lahir akibat kontraksi otot-otot polos uterus (Ambarwati, 2009). Senam nifas adalah latihan jasmani yang dilakukan setelah melahirkan, dimana fungsinya adalah untuk mengembalikan kondisi kesehatan, untuk mempercepat penyembuhan, mencegah timbulnya komplikasi, memulihkan dan memperbaiki regangan pada otot – otot setelah kehamilan (Ervinasby, 2008). Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh senam nifas terhadap involusi uterus pada ibu post partum Di Puskesmas Mariana Kabupaten Banyuasin tahun 2020. Metodologi : Penelitian ini Merupakan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest dengan kelompok kontrol (pretest-posttest with control group). Hasil : Hasil Penelitian menunjukan bahwa rerata involusi uterus pada kelompok Kontrol (Tidak melakukan senam Nifas) adalah 5,30+0,67 cm, rerata kelompok perlakuan (melakukan Senam Nifas) adalah 3,00+1,05 cm. Analisis kemaknaan dengan uji Mann Withney menunjukkan bahwa nilai p = 0,000. Hal ini berarti bahwa kedua kelompok sesudah diberikan perlakuan, rerata Involusi Uterus berbeda secara bermakna (p<0,05). Kesimpulan : Involusi uterus kelompok kontrol (Tidak melakukan senam) sesudah/Pengukuran ke dua terjadi penurunan involusi uterus dan Involusi uterus kelompok Perlakuan (melakukan senam nifas) sesudah senam nifas terjadi penurunan involusi uterus secara signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh senam nifas terhadap involusi uteri.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "VOLUME 09 No.01, JUNI 2017" : 10 Documents clear
EFEKTIVITAS POSISI TANGAN PENOLONG DALAM PENCEGAHAN RUPTUR PERINEUM PADA PERSALINAN NORMAL Mulyati Priyantini; Yuli Trisnawati
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.309

Abstract

ABSTRAKFokus utama asuhan persalinan adalah pencegahan komplikasi untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian ibu. Salah satu upaya adalah mencegah terjadinya ruptur perineum. Posisi tangan yang dipakai penolong persalinan kala II untuk mencegah ruptur perineum antara lain posisi tangan APN dan Varney. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas antara posisi tangan penolong menurut APN dan menurut Varney dalam mencegah ruptur perineum spontan pada kala II persalinan di RSIA ‘Bunda arif’ Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, menggunakan pendekatan cross sectional dengan populasi seluruh persalinan spontan di RSIA ‘Bunda arif’ Purwokerto. Sampel yang digunakan adalah quota sampling  sebanyak 30 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Metode analisis data menggunakan uji U Mann-Whitney. Hasil penelitian ini adalah Kejadian ruptur perineum pada posisi tangan menurut APN sebanyak 93,3%, sedangkan menurut Varney sebanyak 86,7%. Hasil analisa statistik uji U Mann-Whitney didapatkan p value = 0,550 (p>0,005) sedangkan U value  = 33,000 (Uh < U t ), artinya tidak ada perbedaan bermakna, tetapi posisi tangan Varney lebih baik dengan selisih ruptur 6,6%. Posisi tangan penolong menurut Varney lebih efektif daripada posisi tangan menurut APN dalam pencegahan ruptur perineum spontan pada kala II persalinan, tetapi keduanya tidak memberikan perbedaan yang bermakna terhadap kejadian ruptur perineum. Penolong persalinan dapat menemukan metode yang paling tepat dalam meminimalisir kejadian ruptur perineum spontan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu.Keyword : Posisi tangan penolong, ruptur perineumEFFECTIVENESS OF HANDLING POSITION IN PREVENTION OF PERINEUM RUPTURE IN NORMAL LABORABSTRACTMain focus of delivery care is preventing the complication to reduce the maternal morbidity and mortality. One of the efforts to prevent the occurance of perineal rupture. The position hand which is used birth attendant in the second stage of labor to prevent perineal rupture among others APN and Varney hands position. The goal of this reasearch is to know the effectiveness between APN and Varney hands position to prevent spontanoeus perineal rupture in the second stage of labor in RSIA ‘Bunda arif’ Purwokerto. This reasearch was observational analytic by approachment cross sectional with population of this reasearch was all of spontaneous delivery in RSIA ‘Bunda arif’ Purwokerto and the sample used quota sampling, it’s about 30 sample can be a inclusion criteria. The analyze method data used U Mann-Whitney test. The result of this experiment are precentage of spontaneous perineal rupture by  APN hands position is 93,3%, while by Varney is 86,7%. Result of statistic analysis used U Mann-Whitney test is p value = 0,550 (p>0.005) and U value  = 33,000 (Uh < U t). It means, not significant difference, but Varney hands position better by a margin of 6.6%. the conclusion are varney hands position is more effective than APN hands position in  prevention spontaneous perineal rupture in the second stage of labor, but both not significant for perinel rupture. Suggestion : Birth attendants can find the most appopriate method to minimize perineal ruptured to reduce maternal morbidity and mortalityKeyword : APN & Varney hands position, and perineal rupture.
EVALUASI IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SGD (SMALL GROUP DISCUSSION) Hana Rosiana Ulfah; Moh. Afandi; Sri Sundari
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.305

Abstract

AbstrakLatar Belakang : Mahasiswa sudah terpapar metode pembelajaran SCL khususnya pada mata kuliah KMB. Namun output yaitu hasil belajar belum maksimal. Mata kuliah ini membutuhkan pemahaman dan hafalan yang mendalam sehingga nilai A hanya didapatkan sekitar 10 % dari seluruh mahasiswa. Menurut observasi dan wawancara, metode pembelajaran yang sering digunakan adalah SGD (Small Group Discussion) namun pelaksanaannya belum optimal.Metode Penelitian : Strategi Penelitian Explaratory Sekuensial. Desain penelitian mixed method. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Keperawatan S1 semester 5 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) yang berjumlah 103 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling.Hasil Penelitian : Hasil penelitian kualitatif didapatkan beberapa permasalahan terkait mahasiswa, proses metode pembelajaran, sarana prasarana dan juga SDM (sumber daya manusia). Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa tidak adanya pembagian peran mahasiswa, peran tutor kurang maksimal, performa individu mahasiswa didominasi nilai tidak memuaskan dan tidak dilakukannya langkah formulating learning issue dan self study implementasi metode pembelajaran SGD.Kesimpulan : Berdasarkan evaluasi implementasi pada metode pembelajaran SGD didapatkan hasil bahwa terdapat permasalahan pada mahasiswa yaitu kurangnya partisipasi aktif mahasiswa, jumlah mahasiswa yang terlalu banyak. Permasalahan pada metode pembelajaran adalah tidak dilakukannya langkah self study dan formulating learning issue. Permasalahan pada sarana prasarana adalah penggunaan ruang kelas yang padat. Permasalahan pada SDM yaitu kurangnya fasilitator.Kata kunci : Metode pembelajaran SGD (Small Group Discussion), mahasiswaEVALUATION OF THE IMPLEMENTATION OF LEARNING METHOD SGD (SMALL GROUP DISCUSSION)ABSTRACTBackground: Students have been exposed to teaching methods SCL particularly in the subject of KMB. But the output of the result of learning is not maximized.This course requires a deep understanding and memorization so that the value of A is only about 10% of all students. According to the observations and interviews, the learning method often used SGD (Small Group Discussion) but still not optimal.Method: Sequential Explaratory Research Strategy. Mixed method research designs.Population in this research is active student of nursing S1 semester 5 UMS (Muhammadiyah University of Surakarta) which amounts to 103 students. The sampling technique in this research is total sampling. Results:Qualitative research results found some problems related to students, the process of learning methods, infrastructure and HR (human resources). The results of quantitative research showed that the distribution of the student's role, the role of tutor less than the maximum, the performance of individual student grades dominated unsatisfactory and does not issue a step formulating learning and self study learning method implementation SGD. Conclusion: Based on the evaluation of the implementation of the learning methods SGD showed that there were problems is the lack of active participation of students, number of students is too much. Problems on method of learning are of not done step self-study and formulating learning issue. Problems in infrastructure is the use of classrooms are crowded. Another problem is on the lack of human resources facilitator. Keywords: Teaching methods, SGD (Small Group Discussion) seven jump, studentABSTRAKLatar Belakang : Mahasiswa sudah terpapar metode pembelajaran SCL khususnya pada mata kuliah KMB. Namun output yaitu hasil belajar belum maksimal. Mata kuliah ini membutuhkan pemahaman dan hafalan yang mendalam sehingga nilai A hanya didapatkan sekitar 10 % dari seluruh mahasiswa. Menurut observasi dan wawancara, metode pembelajaran yang sering digunakan adalah SGD (Small Group Discussion) namun pelaksanaannya belum optimal.Metode Penelitian : Strategi Penelitian Explaratory Sekuensial. Desain penelitian mixed method. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Keperawatan S1 semester 5 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) yang berjumlah 103 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling.Hasil Penelitian : Hasil penelitian kualitatif didapatkan beberapa permasalahan terkait mahasiswa, proses metode pembelajaran, sarana prasarana dan juga SDM (sumber daya manusia). Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa tidak adanya pembagian peran mahasiswa, peran tutor kurang maksimal, performa individu mahasiswa didominasi nilai tidak memuaskan dan tidak dilakukannya langkah formulating learning issue dan self study implementasi metode pembelajaran SGD.Kesimpulan : Berdasarkan evaluasi implementasi pada metode pembelajaran SGD didapatkan hasil bahwa terdapat permasalahan pada mahasiswa yaitu kurangnya partisipasi aktif mahasiswa, jumlah mahasiswa yang terlalu banyak. Permasalahan pada metode pembelajaran adalah tidak dilakukannya langkah self study dan formulating learning issue. Permasalahan pada sarana prasarana adalah penggunaan ruang kelas yang padat. Permasalahan pada SDM yaitu kurangnya fasilitator.                                    Kata kunci : Metode pembelajaran SGD (Small Group Discussion), mahasiswa EVALUATION OF THE IMPLEMENTATION OF LEARNING METHOD SGD (SMALL GROUP DISCUSSION)ABSTRACTBackground: Students have been exposed to teaching methods SCL particularly in the subject of KMB. But the output of the result of learning is not maximized.This course requires a deep understanding and memorization so that the value of A is only about 10% of all students. According to the observations and interviews, the learning method often used SGD (Small Group Discussion) but still not optimal.Method: Sequential Explaratory Research Strategy. Mixed method research designs.Population in this research is active student of nursing S1 semester 5 UMS (Muhammadiyah University of Surakarta) which amounts to 103 students. The sampling technique in this research is total sampling. Results:Qualitative research results found some problems related to students, the process of learning methods, infrastructure and HR (human resources). The results of quantitative research showed that the distribution of the student's role, the role of tutor less than the maximum, the performance of individual student grades dominated unsatisfactory and does not issue a step formulating learning and self study learning method implementation SGD. Conclusion: Based on the evaluation of the implementation of the learning methods SGD showed that there were problems is the lack of active participation of students, number of students is too much. Problems on method of learning are of not done step self-study and formulating learning issue. Problems in infrastructure is the use of classrooms are crowded. Another problem is on the lack of human resources facilitator. Jurnal Kebidanan, Vol. IX, No. 01, Juni 2017                                                                     25               Keywords: Teaching methods, SGD (Small Group Discussion) seven jump, student
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN RUANG LAKTASI DI PUSKESMAS GUNUNG PATI SEMARANG Is Susiloningtyas; Dewi Ratnawati
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.308

Abstract

ABSTRAKMenyusui adalah proses fisiologis untuk memberikan nutrisi kepada bayi. ASI adalah nutrisi ideal bagi bayi untuk menunjang kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal. ASI memiliki energi dan komposisi gizi yang lengkap bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi terutama di awal kehidupan bayi. Di era industrialisasi kegiatan menyusui telah mengalami penurunan yang signifikan. Ibu yang bekeja menjadi alasan untuk tidak menyusui. Kondisi tersebut menyebabkan semakin menurunnya angka ibu menyusui di Indonesia dalam 5 tahun terakhir. Pencapaian angka menyusui yang rendah telah mempengaruhi angka cakupan pemberian ASI Eksklusif pada tahun 2014 hanya berkisar 27,5%. Oleh karena itu pemerintah Indonesia memandang perlu untuk meningkatkan program ASI Eksklusif dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif. Pemerintah telah menetapkan bahwa setiap penyelenggara fasilitas kesehatan dan pengurus tempat kerja serta penyelenggara tempat umum harus menyediakan ruang laktasi sesuai dengan ketentuan dan standar prosedur yang telah ditetapkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, yaitu bertujuan untuk menguji suatu hipotesis dari hubungan antara variabel. Adapun pendekatannya menggunakan rancangan cross sectional dengan sampel penelitian 99 orang. Analisa data menggunakan analisis univariabel dan bivariabel. Hasil Uji chi square faktor usia dengan pemanfaatan Ruang Laktasi didapatkan  nilai p value 0,06 sehingga tidak ada hubungan antara faktor usia dengan pemanfaatan Ruang Laktasi sedangkan hasil uji chi square faktor pendidikan, persepsi dan motivasi dengan pemanfaatan Ruang Laktasi didapatkan nilai p value 0,05 sehingga ada hubungan antara faktor pendidikan, persepsi dan motivasi dengan pemanfaatan Ruang Laktasi. Sarannya adalah melakukan sosialisasi pemanfaatan ruang laktasi. Kata Kunci : ASI, Ruang LaktasiFACTORS THAT INFLUENCE THE USE OF LAKTATION ROOM IN PRIMARY HEALTH CARE GUNUNG PATI  SEMARANGABSTRACTBreastfeeding is a physiological process to provide nutrition to the baby. Breast milk is the ideal nutrition for babies to optimally support the health, growth and development of babies. Breast milk has a complete energy and nutritional composition for infant growth and development, especially early in life. In the industrialization era of breastfeeding activity has decreased significantly. A working mother is the reason not to breastfeed. This condition causes the decreasing number of nursing mothers in Indonesia in the last 5 years. The achievement of low breastfeeding rates has affected the coverage rate of exclusive breastfeeding in 2014 to only about 27.5%. Therefore the Indonesian government considers it necessary to improve the exclusive breastfeeding program by the issuance of Government Regulation No. 33 of 2012 on Exclusive Breastfeeding. The Government has determined that every provider of health facilities and workplaces and public place providers should provide lactation chambers in accordance with established provisions and standard procedures. The type of research used is explanatory research, which aims to test a hypothesis of the relationship between variables. The approach using cross sectional design with a sample of 99 people. Data analysis using univariable and bivariable analysis. The result of chi square test of age factor with Lactation Space utilization got p value 0,06 so there is no correlation between age factor with Lactation Room utilization whereas chi square test of education factor, perception and motivation with Lactation space utilization got p value 0,05 So there is a relationship between educational factors, perceptions and motivation with the utilization of Lactation Space. The suggestion is to socialize the utilization of lactation space.Keywords: Breast milk, Lactation Room
HUBUNGAN PENGETAHUAN KADER DENGAN DETEKSI DINI GANGGUAN TUMBUH KEMBANG BALITA DI DESA MUSUK KECAMATAN MUSUK KABUPATEN BOYOLALI Ardiani Sulistiani
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.304

Abstract

ABSTRAKLatar Belakang: Angka kesakitan dan gangguan gizi saat ini masih sangat tinggi penyebabnya antara lain karna kurangnya pengetahuan kader tentang detekdi dini tumbuh kembang balita sehingga timbul berbagai gangguan yang di alami oleh balita. Dari 20 balita yang di jumpai terdapat keluhan dari beberapa orang tua balita, antara lain : 1 balita usia 3 tahun mengalami gangguan bicara yang harusnya sudah bisa bicara jelas seperti anak lainnya , 1 balita umur 2 tahun jika disentuh atau di peluk tidak mau bahkan sama orang tuanya sendiri memandangpun tidak mau seperti asyik dengan dunianya sendiri. Ada 1 balita umur 2 tahun mengalami gangguan motorik yang harusnya sudah biasa jalan dan naik tangga tapi anak  belum bisa berjalan. Tujuan. Untuk mengetahui hubungan pengetahuan kader dengan deteksi dini gangguan tumbuh kembang balita di Desa Musuk, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali. Metode Penelitian. Desain penelitian ini analitik korelasional dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional yaitu suatu penelitian  dengan cara pendekatan observasi atau pengumpulan data. Subyek penelitian ini semua kader yang ada di Desa Musuk dengan jumlah sampel 31 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisa data menggunakan chi square. Hasil Penelitian. Dari hasil uji chi square antara pengetahuan kader dengan deteksi dini gannguan tumbuh kembang balita menunjukan tidak terhapat hubungan yang significan dimana nilai p_value 0,516< 0,05. Kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan kader dengan deteksi dini gangguan tumbuh kembang balita.karena gangguan tumbuh kembang balita dapat di pengaruhi oleh banyak hal terutama pengetahuan kader.Kata kunci: Pengetahuan kader, Deteksi dini gangguan tumbuh kembang balitaRELATIONSHIP KNOWLEDGE OF CADRES WITH EARLY DETECTION OF DISORDERS TODDLERS GROWTH IN MUSUK BOYOLALIABSTRACTBackground : Mortality rates and current nutritional disorders are still very high among other causes Because of the lack of cadre knowledge about early detection of toddlers growth so that the various disorders that occur by toddlers. Of the 20 infants found  there are complaints from some parents of children under five, among others: 1 toddler age 3 years experiencing speech disorders that should have been able to speak clearly like other children, , 1 toddler age 2 years if touched or in hugs by the parents show the rejection’s reactions like fun with his own world. There is a toddler aged 2 years experiencing motor disturbances that should have been a regular walk and go up the stairs but the child can not walk yet. Aim: To know the correlation of cadre knowledge with early detection of infant growth disorder in Musuk Village, Musuk Subdistrict, Boyolali District. Research Methods: The design of this research is correlational analytics using Cross Sectional approach that is a research by approach of observation or data collection. The subjects of this study were all cadres in the village of Musuk with a sample of 31 respondents. Methods of data collection using questionnaires. Data analysis using chi square. Research Result : From result of chi square test, between knowledge of cadre with early detection of infant growth disorder of toddler showed no significant relationship where p_value value 0,516 <0,05. Conclusion : From the research results can be concluded that there is no relationship between knowledge cadres with early detection of toddlers  growth disorders. Because growth disorders of infants can be influenced by many things, especially knowledge of cadres.Keywords: Knowledge of cadres, Early detection of infant's growth disorder
TEKNIK KNEADING MENURUNKAN TINGKAT NYERI PERSALINAN KALA I PADA IBU BERSALIN DI KABUPATEN SEMARANG Sova Erlina Felaili; Machmudah .
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.312

Abstract

ABSTRAKNyeri saat melahirkan merupakan suatu proses alamiah, nyeri saat melahirkan terjadi karena proses dilatasi serviks dan hipoksia otot uterus saat kontraksi. Ketidaknyamanan dan nyeri yang dirasakan selama proses persalinan dapat menjadi penyebab memanjangnya lama kala I. Terapi non farmakologi dapat digunakan untuk mengurangi nyeri persalinan salah satunya adalah teknik kneading. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat nyeri sebelum dan sesudah diberikan teknik kneading, dan perbedaan lama kala I setelah diberikan teknik kneading dengan teori lama kala I. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy experiment Pretest-Posttest one group Design. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Juni sampai dengan 10 Juli 2016 di UPTD Puskesmas Bancak Kabupaten Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 16. Hasil uji ststistik Paired Samples t Test diperoleh p value sebesar 0.000, sehingga disimpulkan ada perbedaan tingkat nyeri sebelum dan sesudah diberikan teknik kneading terhadap tingkat nyeri ibu bersalin kala I dan rata-rata lama kala I setelah diberikan teknik kneading selama 4 jam 32 menit atau  kurang dari  6 jam. Penerapan teknik kneading merupakan salah satu terapi non farmakologis mandiri keperawatan dalam memberikan perawatan dasar pertolongan persalinan Rekomendasi dari penelitian ini agar perawat dapat memberikan Asuhan Keperawatan mandiri dengan memberikan massage teknik kneading untuk managemen nyeri persalinan dan mencegah partus lama.Kata kunci : Nyeri persalinan, lama kala I, Teknik KneadingKNEADING TECHNIQUES REDUCE LEVEL OF PAIN  LABOR MOTHER MATERNITY ACTIVE IN STAGE I PHASE IN SEMARANGABSTRACTPain during labor is a physiologic process, pain of childbirth occurs due to the process of cervix dilatation and hypoxia of uterus muscle during contraction. Causing the prolonged labor is discomfort and pain felt by women along with the progress of labor. Non-pharmacological therapy can be used to reduce pain during labor as massage such as kneading technique. This study aims to analyze the difference pain level before and after giving kneading technique and the difference of duration on the first stage after giving kneading technique with the theory of first stage duration. This research was quasy experimental with pretest-posttest one group design. The research was conducted on 18 Juny to10 July 2016 at UPTD Puskesmas Bancak Kabupaten Semarang with 16 samples. From the Paired Samples t Test this research showed p 0.000 so, there is any difference pain level on the pretest and posttest at the first stage of labor toward parturients and duration of first stage after giving kneading technique showed mean 4 hour 32 minutes or faster that theory of first stage duration. Kneading technique is one of non-pharmacological therapy as independent nursing care in providing basic care at childbirth aid delivery. Recommendation  from this research may nurses using kneading technique to manage pain and avoid prolonged first stage in labor as care giver.Keywords : Pain labor, first stage duration, kneading technique
PERILAKU CARE GIVER DALAM PENGOBATAN ARV PADA ANAK DENGAN HIV/ AIDS Ani Hartanti
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.307

Abstract

ABSTRAKDi Indonesia, infeksi HIV merupakan salah satu masalah kesehatan utama dan salah satu penyakit menular yang dapat mempengaruhi kematian ibu dan anak. Pengidap HIV/AIDS di Indonesia dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan. Tidak sedikit pengidap virus mematikan ini adalah mereka yang masih tergolong anak-anak, yaitu yang berusia antara delapan hingga delapan belas tahun. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis perilaku care giver dalam pengobatan ARV pada anak dengan HIV/AIDS, yang meliputi: Karakteristik responden, pengetahuan, sikap, tradisi kepercayaan, akses terhadap pelayanan CST, dukungan tenaga kesehatan, dukungan keluarga, dan dukungan teman sebaya. Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Melalui wawancara mendalam dan focus group discussion. Subjek penelitian ini adalah care giver yaitu 4 orang ibu dan 1 orang paman. Analisis berdasarkan tema (thematic content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 informan merupakan ibu dari anak dengan HIV/AIDS dan 1 informan adalah paman dari anak dengan HIV/AIDS. Usia anak dengan HIV antara 23 bulan - 13 tahun. Tidak ada perbedaan pengetahuan care giver tentang pengobatan ARV antara anak yang diasuh oleh ibu dan yang diasuh oleh paman. Ada perbedaan antara sikap informan dan keluarga antara anak balita dengan anak usia sekolah. Tidak ada perbedaan akses pelayanan anak dengan HIV/AIDS antara anak yang diasuh oleh ibu dan yang diasuh oleh paman. Perilaku care giver dalam pengobatan ARV dapat terkendala  oleh keterjangkauan fasilitas pelayanan kesehatan, pekerjaan care giver serta hubungan keluarga care giver dengan anak dengan HIV/AIDS.Dukungan petugas kesehatan, keluarga, dan teman sebaya diberikan dengan memberikan pelayanan dan konseling dengan baik, selain itu keluarga juga memberikan dukungan moral dan spiritual kepada anak dengan HIV∕AIDS. Kata Kunci : Pengobatan ARV, HIV/ AIDS CARE GIVER BEHAVIOR IN ARV TREATMENT FOR CHILDREN WITH HIV / AIDSABSTRACTIn Indonesia, HIV infection is one of the major health problems and an infectious disease that can affect maternal and child mortality. People living with HIV / AIDS in Indonesia from year to year continue to increase. Not a few people with this deadly virus are those who are still classified as children, which are aged between eight to eighteen years. The objectives of this study were to analyze the behavior of care giver in the treatment of antiretroviral drugs in children with HIV / AIDS, which include: Respondent characteristics, knowledge, attitudes, traditions of trust, access to CST services, support of health workers, family support, and peer support. The research method is qualitative with case study approach. Through in-depth interviews and focus group discussions. Subject of this research is care giver that is 4 mother and 1 person uncle. The thematic content analysis. The results showed that 4 informants were mothers of children with HIV / AIDS and 1 informant was uncle of child with HIV / AIDS. Age of children with HIV between 23 months - 13 years.There is no difference in the care giver knowledge of ARV treatment between the child being cared for by the mother and being cared for by the uncle. There is a difference between informant and family attitudes between toddlers and school-aged children. There is no difference in the access of child labor with HIV / AIDS between the child being cared for by the mother and being cared for by the uncle. Care giver behavior in antiretroviral treatment can be constrained by the affordability of health care facilities, care giver work and care giver family relationships with children with HIV / AIDS. Support from health, family, and peers is provided by providing services and counseling well, and the family also provides moral and spiritual support to children with HIV / AIDS. Keywords: ARV Treatment, HIV/AIDSABSTRAKDi Indonesia, infeksi HIV merupakan salah satu masalah kesehatan utama dan salah satu penyakit menular yang dapat mempengaruhi kematian ibu dan anak. Pengidap HIV/AIDS di Indonesia dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan. Tidak sedikit pengidap virus mematikan ini adalah mereka yang masih tergolong anak-anak, yaitu yang berusia antara delapan hingga delapan belas tahun. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis perilaku care giver dalam pengobatan ARV pada anak dengan HIV/AIDS, yang meliputi: Karakteristik responden, pengetahuan, sikap, tradisi kepercayaan, akses terhadap pelayanan CST, dukungan tenaga kesehatan, dukungan keluarga, dan dukungan teman sebaya. Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Melalui wawancara mendalam dan focus group discussion. Subjek penelitian ini adalah care giver yaitu 4 orang ibu dan 1 orang paman. Analisis berdasarkan tema (thematic content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 informan merupakan ibu dari anak dengan HIV/AIDS dan 1 informan adalah paman dari anak dengan HIV/AIDS. Usia anak dengan HIV antara 23 bulan - 13 tahun. Tidak ada perbedaan pengetahuan care giver tentang pengobatan ARV antara anak yang diasuh oleh ibu dan yang diasuh oleh paman. Ada perbedaan antara sikap informan dan keluarga antara anak balita dengan anak usia sekolah. Tidak ada perbedaan akses pelayanan anak dengan HIV/AIDS antara anak yang diasuh oleh ibu dan yang diasuh oleh paman. Perilaku care giver dalam pengobatan ARV dapat terkendala  oleh keterjangkauan fasilitas pelayanan kesehatan, pekerjaan care giver serta hubungan keluarga care giver dengan anak dengan HIV/AIDS.Dukungan petugas kesehatan, keluarga, dan teman sebaya diberikan dengan memberikan pelayanan dan konseling dengan baik, selain itu keluarga juga memberikan dukungan moral dan spiritual kepada anak dengan HIV∕AIDS. Kata Kunci : Pengobatan ARV, HIV/ AIDS CARE GIVER BEHAVIOR IN ARV TREATMENT FOR CHILDREN WITH HIV / AIDSABSTRACTIn Indonesia, HIV infection is one of the major health problems and an infectious disease that can affect maternal and child mortality. People living with HIV / AIDS in Indonesia from year to year continue to increase. Not a few people with this deadly virus are those who are still classified as children, which are aged between eight to eighteen years. The objectives of this study were to analyze the behavior of care giver in the treatment of antiretroviral drugs in children with HIV / AIDS, which include: Respondent characteristics, knowledge, attitudes, traditions of trust, access to CST services, support of health workers, family support, and peer support. The research method is qualitative with case study approach. Through in-depth interviews and focus group discussions. Subject of this research is care giver that is 4 mother and 1 person uncle. The thematic content analysis. The results showed that 4 informants were mothers of children with HIV / AIDS and 1 informant was uncle of child with HIV / AIDS. Age of children with HIV between 23 months - 13 years.There is no difference in the care giver knowledge of ARV treatment between the child being cared for by the mother and being cared for by the uncle. There is a difference between informant and family attitudes between toddlers and school-aged children. There is no difference in the access of child labor with HIV / AIDS between the child being cared for by the mother and being cared for by the uncle. Care giver behavior in antiretroviral treatment can be constrained by the affordability of health care facilities, care giver work and care giver family relationships with children with HIV / AIDS. Support from health, family, and peers is provided by providing services and counseling well, and the family also provides moral and spiritual support to children with HIV / AIDS. Jurnal Kebidanan, Vol. IX, No. 01, Juni 2017                                                                    43               Keywords: ARV Treatment, HIV/AID
EFEKTIVITAS ALOE VERA DAN AKTIVITAS AEROBIK DALAM MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERKOLESTEROLEMIA Heri Kartoni; Joni Haryanto; Rista Fauziningtyas
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.303

Abstract

ABSTRAKPendahuluan: Hiperkolesterolemia pada lanjut usia (lansia) disebabkan oleh proses aging dan faktor resiko. Aloe Vera dapat menurunkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL). Aktivitas aerobik dapat meningkatkan kadar HDL. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektivitas pemberian Aloe Vera dan aktivitas aerobik dalam menurunkan kadar kolesterol total pada lansia hiperkolesterolemia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Pre-Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah 60 orang lansia di Panti Sosial Tresna Werda Kalimantan Barat. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling, terdiri dari 12 orang responden berdasarkan kriteria inklusi. Sampel dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok A dengan pemberian Aloe Vera. Kelompok B dengan aktivitas aerobik. Kelompok C dengan pemberian Aloe Vera dan aktivitas aerobik (AVAA). Variabel independen pada penelitian ini adalah pemberian Aloe Vera, aktivitas aerobik dan intervensi AVAA. Variabel dependen penelitian ini adalah kadar kolesterol total darah. Data dianalisa menggunakan Paired t-test dengan signifikansi p≤0,05 dan perbandingan antara kelompok menggunakan One Way ANOVA dengan signifikansi p≤0,05. Hasil: Hasil analisa menunjukkan ada penurunan kadar kolesterol total darah yang bermakna pada semua kelompok. Ada perbedaan yang bermakna diantara ketiga kelompok dan penurunan kadar kolesterol total darah yang paling besar adalah pada kelompok C. Analisa: Aloe Vera dan aktivitas aerobik (AVAA) paling efektif dalam menurunkan kadar kolesterol total darah pada lansia hiperkolesterolemia. Pembahasan: Aloe Vera dan aktivitas aerobik (AVAA) dapat digunakan sebagai alternatif penanganan hiperkolesterolemia pada lansia.Kata kunci: Aloe Vera, aktivitas aerobik, hiperkolesterolemia, lansia. EFFECTIVENESS OF ALOE VERA AND AEROBIC ACTIVITY IN DECREASING TOTAL BLOOD CHOLESTEROL LEVELS FOR ELDERS WITH HYPERCHOLESTEROLEMIAABSTRACTIntroduction: Hypercholesterolemia in elderly is caused by aging proses and risk factors. Aloe Vera can reduce levels of Low Density Lipoprotein (LDL) and increase levels of High Density Lipoprotein (HDL). Aerobic activity can increase HDL levels. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of administration of Aloe Vera and aerobic activity to reduce total cholesterol levels in older adults with hypercholesterolemia. Methods: This study used a Pre-Experimental design. Its population was 60 elders people in Tresna Werda Social Institutions Mulia Dharma West Kalimantan. Samples were obtained using purposive sampling, consist of 12 respondents taken based on inclusion criteria. The samples were divided into 3 groups. Group A treated with Aloe Vera. Group B treated with aerobic activity. Group C treated with Aloe Vera and aerobic activity (AVAA). The independent variable was the administration of Aloe Vera, aerobic activity and intervention AVAA. The dependent variable was total blood cholesterol levels. Data were analyzed using paired t-test with significance p≤0,05 and comparisons between groups were tested with One Way ANOVA with a significance p≤0,05. Results: The result showed there is a reduction in total blood cholesterol levels in all groups (p <0,05). There is a difference between groups (p <0.035), and the largest decrease of total blood cholesterol levels was in group C (73.75 mg/dl). Analysis: Aloe Vera and aerobic activity (AVAA) most effective to decreas total blood cholesterol levels for elders hypercholesterolemia. Discussion: Aloe Vera and aerobic activity (AVAA) can be used as an alternative treatment for elders with hypercholesterolemia. Keywords: Aloe Vera, aerobic activity, hypercholesterolemia, elderlyABSTRAKPendahuluan: Hiperkolesterolemia pada lanjut usia (lansia) disebabkan oleh proses aging dan faktor resiko. Aloe Vera dapat menurunkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL). Aktivitas aerobik dapat meningkatkan kadar HDL. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektivitas pemberian Aloe Vera dan aktivitas aerobik dalam menurunkan kadar kolesterol total pada lansia hiperkolesterolemia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Pre-Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah 60 orang lansia di Panti Sosial Tresna Werda Kalimantan Barat. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling, terdiri dari 12 orang responden berdasarkan kriteria inklusi. Sampel dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok A dengan pemberian Aloe Vera. Kelompok B dengan aktivitas aerobik. Kelompok C dengan pemberian Aloe Vera dan aktivitas aerobik (AVAA). Variabel independen pada penelitian ini adalah pemberian Aloe Vera, aktivitas aerobik dan intervensi AVAA. Variabel dependen penelitian ini adalah kadar kolesterol total darah. Data dianalisa menggunakan Paired t-test dengan signifikansi p≤0,05 dan perbandingan antara kelompok menggunakan One Way ANOVA dengan signifikansi p≤0,05. Hasil: Hasil analisa menunjukkan ada penurunan kadar kolesterol total darah yang bermakna pada semua kelompok. Ada perbedaan yang bermakna diantara ketiga kelompok dan penurunan kadar kolesterol total darah yang paling besar adalah pada kelompok C. Analisa: Aloe Vera dan aktivitas aerobik (AVAA) paling efektif dalam menurunkan kadar kolesterol total darah pada lansia hiperkolesterolemia. Pembahasan: Aloe Vera dan aktivitas aerobik (AVAA) dapat digunakan sebagai alternatif penanganan hiperkolesterolemia pada lansia. Kata kunci: Aloe Vera, aktivitas aerobik, hiperkolesterolemia, lansia.  EFFECTIVENESS OF ALOE VERA AND AEROBIC ACTIVITY IN DECREASING TOTAL BLOOD CHOLESTEROL LEVELS FOR ELDERS WITH HYPERCHOLESTEROLEMIAABSTRACTIntroduction: Hypercholesterolemia in elderly is caused by aging proses and risk factors. Aloe Vera can reduce levels of Low Density Lipoprotein (LDL) and increase levels of High Density Lipoprotein (HDL). Aerobic activity can increase HDL levels. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of administration of Aloe Vera and aerobic activity to reduce total cholesterol levels in older adults with hypercholesterolemia. Methods: This study used a Pre-Experimental design. Its population was 60 elders people in Tresna Werda Social Institutions Mulia Dharma West Kalimantan. Samples were obtained using purposive sampling, consist of 12 respondents taken based on inclusion criteria. The samples were divided into 3 groups. Group A treated with Aloe Vera. Group B treated with aerobic activity. Group C treated with Aloe Vera and aerobic activity (AVAA). The independent variable was the administration of Aloe Vera, aerobic activity and intervention AVAA. The dependent variable was total blood cholesterol levels. Data were analyzed using paired t-test with significance p≤0,05 and comparisons between groups were tested with One Way ANOVA with a significance p≤0,05. Results: The result showed there is a reduction in total blood cholesterol levels in all groups (p <0,05). There is a difference between groups (p <0.035), and the largest decrease of total blood cholesterol levels was in group C (73.75 mg/dl). Analysis: Aloe Vera and aerobic activity (AVAA) most effective to decreas total blood cholesterol levels for elders hypercholesterolemia. Discussion: Aloe Vera and aerobic activity (AVAA) can be used as an alternative treatment for elders with hypercholesterolemia.  Jurnal Kebidanan, Vol. IX, No. 01, Juni 2017                                                            1                Keywords: Aloe Vera, aerobic activity, hypercholesterolemia, elderly
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN FIELDTRIEP TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI DALAM DETEKSI DINI PERKEMBANGAN ANAK Novita Nurhidayati; Triani Yuliastanti
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.311

Abstract

ABSTRAKLatar belakang : Perkembangan anak sangat menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada tahap-tahap selanjutnya. Maka dari itu seorang anak diharapkan dapat mencapai tahap perkembangan sesuai dengan kurva perkembangan. Perkembangan seorang anak dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu genelik dan lingkungan. Faktor lingkungan antara lain gizi, lingkungan dan stimulasi perkembangan. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa D III Kebidanan adalah dapat melakukan deteksi dini perkembangan anak, salah satunya menggunakan lembar KPSP, yang termuat dalam mata kuliah Asuhan Neonatus, Bayi, dan Balita. Tujuan: Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran filedtrip terhadap pencapaian kompetensi dalam deteksi dini perkembangan anak. Metode Penelitian: Menggunakan metode deskriptif observasioanal dengan one group pre dan post test design, serta pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester 3 Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali Tahun Akademik 2013/2014. dengan teknik total sampling, sejumlah 92 mahasiswa kemudian  analisa data dengan Paired samples  T-test. Hasil Penelitian terdapat 82 mahasiswa yang tidak kompeten dan 10 mahasiswa yang kompeten dalam melakukan deteksi dini perkembangan anak sebelum dilakukan metode pembelajaran fieldtriep. Setelah dilakukan pembelajaran dengan metode fieltriep terdapat 4 mahasiswa yang belum kompeten dan 84 mahasiswa yang kompeten. Hasil analisa data dengan SPSS 16.00 didapatkan nilai Sig (2-tailed) = 0,000, pada taraf signifikansi 95% diperoleh t hitung (20,830) > t tabel (1,896). Simpulan Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pembelajaran fieldtriep terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa dalam melakukan deteksi dini perkembangan anak.Kata kunci : fieldtriep, KPSPEFFECTIVENESS FIELD TRIP LEARNING TO THE ACHIEVEMENT OF COMPETENCY IN EARLY DETECTION OF CHILDREN DEVELOPMENTABSTRACTBackground: The development of the child will determine the quality of Human Resources (HR) at later stages. Thus the child is expected to reach the stage of development in accordance with the development curve. A child's development is influenced by several factors, namely genelik and environment. Environmental factors such as nutrition, environmental and developmental stimulation. One of the competencies that must be mastered DIII Midwifery students are able to make early detection of child development, one of which uses KPSP sheet, which contained the subjects Care Neonates, Infants, and Toddlers.  Purpose: To determine the effectiveness of learning filedtrip to the achievement of competence in the early detection of child development.  Methods: Using a descriptive method observasioanal with one group pre and post test design, as well as the cross sectional approach. The population in this study were all students of the 3rd semester Midwifery Academy Estu Utomo Boyolali Academic Year 2013/2014. with a total sampling techniques, a number of 92 students then analyze the data with paired samples T-test.  Results are 82 students who are incompetent and 10 students who are competent in the early detection of child development before learning methods fieldtriep. After learning the method fieltriep there are 4 students who have not qualified and competent students 84. The results of the data analysis with SPSS 16:00 got the Sig (2-tailed) = 0.000, at a significance level of 95% was obtained t (20,830)> t table (1.896).  Conclusions There is a significant influence on the use of learning methods fieldtriep to the achievement of student competence in the early detection of child developmentKeywords: fieldtriep, KPSP
EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR 10T DALAM PELAYANAN ANTENATAL TERPADU Risqi Dewi Aisyah; Suparni ,; Sandi Ari Susiatmi
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.310

Abstract

ABSTRAKLatar Belakang :Data Dinas Kesehatan pada tahun 2014, Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Pekalongan masih cukup tinggi yaitu sebesar 243,75 per 100.000 kelahiran hidup, dan turun menjadi 141,06 per 100.000  tahun 2015. Hasil pengamatan lapangan yang dilaksanakan secara intensif dalam beberapa tahun terakhir, memperlihatkan bahwa pelayanan antenatal masih berfokus pada pelayanan 7T.  Padahal saat ini seharusnya pelayanan antenatal terpadu untuk pemeriksaan menggunakan 10T. Penambahan standar pemeriksaan ini diharapkan memberikan pelayanan antenatal yang lebih berkualitas untuk meningkatkan status kesehatan ibu yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi terhadap penurunan angka kematian ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bidan dalam pelaksanaan 10 T dalam Pelayanan Antenatal Terpadu di Kabupaten Pekalongan. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional). Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasional dengan menggunakan cheklist. Tekhnik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling  dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 66 bidan. Hasil : Hasil penelitian menujukkan sebagian besar bidan (69,7%) melakukan standar 10T dalam pelayanan antenatal terpadu dengan baik. Saran bagi dinas kesehatan melakukan sosialisasi standar 10T secara berkala dan melibatkan semua tenaga kesehatan yang terkait dengan pelayanan antenatal terpadu, sosialisasi tidak hanya dengan buku pedoman, dan poster tetapi juga seminar atau pelatihan khususnya untuk pemberian konseling pada ibu hamil, melakukan evaluasi untuk pelayanan standar 10T di Puskesmas.Keyword : Standar 10T, Antenatal TerpaduEVALUATION OF 10T STANDARD IMPLEMENTATION IN ANTENATAL INTEGRATED SERVICESABSTRACTBackground : health services by the year 2014, maternal mortality (AKI) in the Regency of Pekalongan are still high enough that is amounting to 243.75 per 100,000 live births, and is down to 100,000 per year 2015 141.06. The results of field observations carried out intensively in    recent years, shows that antenatal services still focuses on servicing 7T. Where as the current antenatal services should be integrated for examination  using  10T. The addition of standard inspection is expected to provide more qualified antenatal services to improve the health status of mothers who will ultimately contribute toa decline in maternal mortality. The purpose of this research was to evaluate the midwife in the execution of 10 T in Antenatal Services Integrated in the Regency of Pekalongan.  Research method: the type of this research is descriptive analytic approach to cutthe latitude (cross-sectional). Engineering data retrieval done by using observational cheklist.  The dwarf in the sample used was cluster random sampling by the number of respondents in this study was 66 midwife. Results : the results of the research shows themajorityof midwives (69.7%) do standard antenatal services in 10T integraed properly. Advice for health service doingthe  socialization  standard  10T regularly and involve all personnel related  health services,  antenatal socialization not only with the manual, and posters but also a seminar or training specifically for counselling in pregnant women, doing the evaluation standard for the service of 10T in the clinic.Keyword : Antenatal, standard for the service of 10T
HUBUNGAN MUTU PEMBELAJARAN SKILL LAB DENGAN HASIL BELAJAR SKILL LAB MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEBUTUHAN DASAR MANUSIA (KDM) DI AKPER WIDYA HUSADA SEMARANG Wahyuningsih .; Titih Huriah
Jurnal Kebidanan VOLUME 09 No.01, JUNI 2017
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo Boyolali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35872/jurkeb.v9i01.306

Abstract

ABSTRAKLatar Belakang: Pembelajaran kelas dan skills lab merupakan bagian yang penting dari proses pendidikan yang komplek dan harus terintegrasi dalam seluruh program pendidikan yang mengacu pada kurikulum, khususnya pencapaian tugas akhir bagi lulusan. Banyak kendala yang ditemukan pada saat persiapan dan pelaksanaan program di kelas dan di skills lab serta mengevaluasi kemampuan mahasiswa, banyaknya kendala ini akan mempengaruhi hasil akhir dari kompetensi peserta didik. Tujuan:  Mengetahui hubungan antara mutu pembelajaran skill lab dengan hasil belajar skill lab mahasiswa tingkat 1 dan 2 pada mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia (KDM) di Akper Widya Husada Semarang. Metode Penelitian: Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan di Akper Widya Husada Semarang yang berjumlah 118 mahasiswa dengan teknik sampling adalah total sampling. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Rank Spearman Hasil Penelitian: Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan yang bermakna antara mutu pembelajaran dengan nilai skill laboratorium pada mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan di Akper Widya Husada Semarang dengan nilai r sebesar 0,255 dan nilai p sebesar 0,005. Hasil análisis data antara dimensi mutu pembelajaran yang tidak berhubungan adalah kehandalan dan empati, sementara dimensi yang berhubungan adalah daya tanggap, kepastian dan wujud.Kesimpulan:  Adanya hubungan antara mutu pembelajaran dengan hasil pembelajaran skill laboratorium.  Kata kunci :  Mutu pembelajaran, Hasil Skill Lab,OSCA    THE RELATIONSHIP BETWEEN THE QUALITY OF LABORATORY LEARNING AND THE RESULT OF STUDENT LABORATORY SKILL IN THE SUBJECT OF HUMAN BASIC NEED IN HEALTH ACADEMY OF WIDYA HUSADA SEMARANG ABSTRACTBackground: Class learning and laboratory skills are important parts of complex education process and have to be integrated in the entire education program that refers to curriculum, especially final paper achievement for the graduates. There are many obstacles found in the program preparation and implementation of the class and in the laboratory skill as well as in the evaluation of the student’s competence. The obstacles will affect the final result of the student’s competence. Objective: Finding out the relationship between the quality of laboratory learning and the result of laboratory skill of 2nd semester students in the subject of Human Basic Need in Health Academy of Widya Husada Semarang. Research Methodology: The research was quantitative in nature, with cross sectional approach. The population of the research was the students of the D3 Study Program of Nursing in Health Academy of Widya Husada Semarang. There were 118 students with the sampling technique of total sampling. The data analysis used was Rank Spearman correlation. Research Result: The research has found that there is a significant relationship between the quality of laboratory learning and the score of laboratory skill among the students of D3 Study Program of Nursing in Health Academy of Widya Husada Semarang with r value is 0.255 and p value is 0.005. The result of data analysis among the quality dimensions of laboratory learning that not related were reliability and empathy, while the dimensions related were responsiveness, certainty and form. Conclusion: There is a relationship between the quality of laboratory learning and the result of laboratory skill learning.  Keywords: Laboratory Learning Quality, Laboratory Skill Result,OSCAABSTRAKLatar Belakang: Pembelajaran kelas dan skills lab merupakan bagian yang penting dari proses pendidikan yang komplek dan harus terintegrasi dalam seluruh program pendidikan yang mengacu pada kurikulum, khususnya pencapaian tugas akhir bagi lulusan. Banyak kendala yang ditemukan pada saat persiapan dan pelaksanaan program di kelas dan di skills lab serta mengevaluasi kemampuan mahasiswa, banyaknya kendala ini akan mempengaruhi hasil akhir dari kompetensi peserta didik. Tujuan:  Mengetahui hubungan antara mutu pembelajaran skill lab dengan hasil belajar skill lab mahasiswa tingkat 1 dan 2 pada mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia (KDM) di Akper Widya Husada Semarang. Metode Penelitian: Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan di Akper Widya Husada Semarang yang berjumlah 118 mahasiswa dengan teknik sampling adalah total sampling. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Rank Spearman Hasil Penelitian: Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan yang bermakna antara mutu pembelajaran dengan nilai skill laboratorium pada mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan di Akper Widya Husada Semarang dengan nilai r sebesar 0,255 dan nilai p sebesar 0,005. Hasil análisis data antara dimensi mutu pembelajaran yang tidak berhubungan adalah kehandalan dan empati, sementara dimensi yang berhubungan adalah daya tanggap, kepastian dan wujud.Kesimpulan:  Adanya hubungan antara mutu pembelajaran dengan hasil pembelajaran skill laboratorium.  Kata kunci :  Mutu pembelajaran, Hasil Skill Lab,OSCA  THE RELATIONSHIP BETWEEN THE QUALITY OF LABORATORY LEARNING AND THE RESULT OF STUDENT LABORATORY SKILL IN THE SUBJECT OF HUMAN BASIC NEED IN HEALTH ACADEMY OF WIDYA HUSADA SEMARANGABSTRACTBackground: Class learning and laboratory skills are important parts of complex education process and have to be integrated in the entire education program that refers to curriculum, especially final paper achievement for the graduates. There are many obstacles found in the program preparation and implementation of the class and in the laboratory skill as well as in the evaluation of the student’s competence. The obstacles will affect the final result of the student’s competence. Objective: Finding out the relationship between the quality of laboratory learning and the result of laboratory skill of 2nd semester students in the subject of Human Basic Need in Health Academy of Widya Husada Semarang. Research Methodology: The research was quantitative in nature, with cross sectional approach. The population of the research was the students of the D3 Study Program of Nursing in Health Academy of Widya Husada Semarang. There were 118 students with the sampling technique of total sampling. The data analysis used was Rank Spearman correlation. Research Result: The research has found that there is a significant relationship between the quality of laboratory learning and the score of laboratory skill among the students of D3 Study Program of Nursing in Health Academy of Widya Husada Semarang with r value is 0.255 and p value is 0.005. The result of data analysis among the quality dimensions of laboratory learning that not related were reliability and empathy, while the dimensions related were responsiveness, certainty and form. Conclusion: There is a relationship between the quality of laboratory learning and the result of laboratory skill learning.  34                                                         Jurnal Kebidanan, Vol. IX, No. 01, Juni 2017                                                                        Keywords: Laboratory Learning Quality, Laboratory Skill Result,OSCA

Page 1 of 1 | Total Record : 10